Buat Situs Web Dinamis Komunitas

Buat Situs Web Dinamis Komunitas






 Website atau Web memiliki pengertian sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman dan berisi tentang informasi dalam bentuk digital baik itu tulisan (teks), gambar animasi yang disediakan melalui internet sehingga dapat diakses oleh banyak orang diseluruh dunia yang memiliki koneksi internet. 

Halaman website atau web berbentuk dokumen dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP atau HTTPS, suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.

Pengguna situs web terdiri atas 4 tipe :

  1. Pengguna tipe Customer
  1. Pengguna tipe Transactor
  1. Pengguna dengan tipe Evaluator

            Tipe ini merupakan user yang bertransaksi lebih dari satu kali atau dulunya pernah menggunakan dan tertarik untuk menggunakan lagi. Dia merupakan pelanggan tetap yang memiliki hak akses tertentu atas website. user harus bisa mengetahui status dari pesanan yang sudah pernah dipesannya. User tipe ini tentu saja termasuk Transactor yang sudah berpengalaman dibidangnya.

            Merupakan pengguna yang sudaah siap guna melakukan transaksi, untuk membeli produk atau hal lain yang telah ditawarkan dalam di suatu website. Dalam hal ini menginginkan transaksinya berjalan dengan mudah, cepat, dan aman. Sebellelum melakukan transaksi pengguna tipeini melakukan pengecekan dengan melihat dulu barang yang ingin dikehendaki.

            Pengguna tipe evaluator ini lebih tinggi kriterianya dari tipe transactor dikarenakan mereka mempunyai kriteria khusus maupun kriteria selera tersendiri dalam pemilihan dimana kriteria yang diinginkan cukup tinggi dan bagus.

      4. Pengguna dengan tipe Browser

            Pengguna tipe ini merupakan user yang belum mengenal sama sekali tentang web dimana ketika mereka melakukan penjelajahan web mereka perlu bantuan dari user lain dalam penjelajahan maupun didallam web tersebut adda admin yang bersedia untuk membantunya.


   Perbedaan Website Community Dengan Website Lainnya

·

          Perbedaan website community dengan blog atau website pribadi

Website pribadi digunakan untuk menulis pengalaman pribadi, opini, atau kisah perjalanan, Anda bisa mempublikasikannya melalui blog. Menuliskan cerita blog bahkan bisa dijadikan sebagai pekerjaan. Banyak blogger Indonesia yang sukses melalui blog mereka seperti Trinity Traveler, Anak Jajan, dan Sugeng. Perbedaan community website dengan website pribadi yaitu website pribadi merupakan milik personal dan biasanya tidak terdapat diskusi dan sosialisasi dari beberapa grup.

·        

      Perbedaan website community dengan website perusahaan

Jika perusahaan Anda tidak melakukan transaksi secara online, Anda juga perlu memiliki website resmi perusahaan agar calon konsumen bisa menemukan informasi resmi tentang perusahaan Anda dari website resmi.Dengan begitu, kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda akan meningkat karena mereka bisa menemukan informasi resmi yang dibutuhkan melalui mesin pencarian.Perbedaannya dengan website community adalah website perusahaan cenderung memiliki konten formal seputar perusahaan, sedangkan website community terbuka untuk siapa saja dan untuk group/komunitas mana saja.

     Dapat disimpulkan bahwa yang membedakan website community dengan website lainnya ialah  bagaimana user dapat membentuk sebuh group dan melakukan berbagai aktivitas seperti bersosialisasi, melakukan aktivitas jual beli dll.

Cara Membuat Website Community


  1. Pilih Host Web
  1. Setup Platform Forum
  1. Membuat  Aturan Forum
  1. Memilih Topik Forum
  1. Dapatkan Bantuan
  1. Mengelola Forum
Keuntungan Dan Kelemahan Dalam MenciptakanWebsite Community
    Keuntungan menciptakan website community
  • Ini merupakan sebuah jalan pengguna untuk berinteraksi satu sama lain untuk sharing pengetahuan atau informasi, menurut Becerra-Fernandez (dalam Binsar Tampahan Siagiandan Dana Indra Senseu 2012:3) menjelaskan  bahwa knowledge sharing adalah  sebuah  proses  di  mana pengetahuan  eksplisit  atau  tacit dikomunikasikan  kepada  individu  lainnya.  Menurutnya pula, ada  tiga   penjelasan   mengenai knowledge sharing yakni: (1) knowledge sharing berarti transfer/ pemindahan yang efektif, sehingga penerima pengetahuan tersebut dapat memahaminya untuk dapat melakukannya dengan untuk dapat melakukan dengan cara  yang  benar;  (2)  dalam knowledge sharing, yang dibagikan adalah pengetahuan itu sendiri daripada rekomendasi-rekomendasi berdasarkan pengetahuan tersebut; (3) Knowlegde sharing dapat dilakukan antar individu demikian juga antar kelompok, anrae department atau antar organisasi.
  • Pembuatan konten otomatis dan peningkatan skala situs.
  • Cara sederhana untuk menjawab pertanyaan pembaca dengan cepat atau menanggapi banyak pembaca sekaligus.
  • Membangun rasa komunitas di antara pengunjung situs Anda.
  • Dapat menarik pembaca baru.

Terdapat beberapa host web yang bisa dipilih untuk membuat sebuah forum, diantaranya adalah Shared hosting, Vps Hosting, Cloud Hosting, WordPress Hosting, dan Dedicated Hosting.

Setelah menentukan hosting, kemudian putuskan jenis forum yang diinginkan. Terdapat banyak jenis perangkat lunak yang bisa dimanfaatkan, tentu dengan kelebihan dan kekurangang masing-masing.

·         Muut, sebuah perangkat lunak yang memungkinan penggunanya melakukan menyesuaikan segala sesuatu sesuai keinginan pengguna.

·         phpBB, ialah forum yang terbuka dan gratis.

·         Simple Machine Forum, merupakan sebuah perangkat gratis yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur komunitas online tanpa harus mengerti bahasa pengodean.

·         vBulletin, salah satu perangkat lunak yang menawarkan opsi untuk menghosting situs sendiri.

            Sebelum forum dibuka, pengguna bisa menyiakan peraturan-peraturan yang harus dipatui di dalam forum tersebut, dan peraturan ini bisa saja berbeda tiap forum.

Memilih topik memang tedengar mudah dan sederhana, topik dipilih dan ditentukan agar pembahasan dan perbincangan yang terjadi didalam forum menjadi lebih terarah.

Mencari bantuan bertujuan agar penyedia forum tidak kewalahan untuk posting dan memoderasi komentar. Bantuan dapat diperoleh dengan mengundang orang-orang yang terlihat sudah terlibat dan menyampaikan komentar secara teratur pada forum yang disediakan.

       Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengelola forum

            Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengelola forum

·         Jalin hubungan dengan anggota forum

·         Menciptakan zona aman bagi anggota forum

·         Melarang dan mengontrol setiap komentar yang tidak pada tempatnya

 

Kelemahan menambahkan website community meliputi:

  • Anda membutuhkan lalu lintas padat atau forum Anda akan tetap tenang tanpa ada posting.
  • Sulit untuk memoderasi posting dan menjaga agar forum terus berjalan dan menarik.
  • Jika forum Anda menjadi populer, lalu lintas Anda dapat melonjak selama diskusi topik hangat dan menggunakan banyak bandwidth






Anda mungkin menyukai postingan ini